7 Tips tetap bugar saat puasa

Selama bulan Puasa, seluruh umat muslim wajib menjaga semua hal yang akan membatalkan puasanya seperti menjaga dari makanan, minuman, hawa nafsu dan lain-lain. Bagi anda yang mempunyai aktivitas berat ketika Ramadhan tentunya wajib menjaga kebugaran tubuh selama bulan puasa.
Dibawah ini merupakan 7 Tips tetap bugar saat puasa :

1. Konsumsi makanan yang sehat
Buah kurma serta air mineral merupakan ta'jil paling baik saat berbuka. buah kurma sangat baik sekali untuk mengganti energi, kalsium dan magnesium yang hilang saat puasa, sedangkan air mineral sangat penting untuk mengantikkan cairan yang hilang saat puasa.

2. Minum yang cukup
Usakanlah dari mulai berbuka puasa sampai sahur anda minum air mineral sebanyak 10 gelas, agar anda tidak terkena dehidrasi saat puasa.

3. Makan dengan baik
Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat mampu memberikan persediaan energi yang cukup. konsumsi serat juga mampu meredakan efek dari puasa seperti sembelit dan pusing.

4. Minumanlah yang sehat
Hindarilah minuman mengandung soda dan kopi saat malam hari karena itu akan membuat anda jadi susah untuk tidur. Lebih baik gantilah dengan meminum air mineral atau jus. 

5. Kontrol berat badan Anda
Kontrollah pola dan porsi makan anda, hindarilah makanan yang banyak mengandung lemak dan pedas yang mampu mengakibatkan sakit perut, mulas dan sendawa.

6. Rajinlah Berolahraga
Meskipun anda sedang berpuasa, lebih baik anda tetap melakukan olahraga tetapi dengan intensitas rendah yang disesuaikan dengan kondisi tubuh kita. Lakukanlah olahraga sebelum berbuka ataupun malam hari.

7. Tidurlah yang cukup
Istirahatlah yang cukup di malam hari. Kalau tidur malam dirasa masih kurang maka luangkanlah waktu anda 20 samapai 30 menit buat tidur di siang hari supaya energi anda bisa pulih kembali, tapi jangan sampai tidur yang berlebihan karena malah bisa membuat badan anda jadi lemes.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top