Bahaya Kurang Tidur Bagi kesehatan

Tidur adalah aktivitas yang dilakukan untuk mengistirahatkan seluruh anggota tubuh serta pikiran kita. Tidur sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan karena pada saat tidur tubuh kita akan melakukan recovery setelah seharian melakukan aktivitas, dan saat bangun tubuh kita akan terasa lebih segar dan bugar kembali. Dan kita pun siap untuk melakukan aktivitas sehari-hari yang sangat melelahkan. Tapi sebaliknya, kalau kita kurang tidur akan berdampak buruk untuk kesehatan.
Tidak sedikit orang yang mengabaikan waktu istirahatnya (tidur) karena beberapa alasan seperti menonton bola, mengobrol bareng teman, begadang, bermain kartu, main game, mengerjakan tugas, kerja lembur dan lain-lain.  Sebenarnya masih banyak orang yang belum sadar tentang bahaya kurang tidur bagi kesehatan ini, lantas apa saja bahaya yang ditimbulkan dari kurang tidur??

Berikut ini merupakan Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan :

  •  Kalau anda seorang yang bekerja dilapangan yang selalu mengendarai motor/mobil, anda wajib melakukan istirahat (tidur) yang cukup. Karena kalau kebutuhan tidur anda tidak terpenuhi, otomatis fokus anda akan terganggu saat menyetir. dan kecelakaanpun akan semakin dekat akibat anda mengantuk saat berkendaraan, ingat!! ini bisa membahayakan nyawa anda dan semua pengendara disekitar anda. Sebuah penelitian menunjukan bahwa kualitas tidur yang buruk seringkali mengakibatkan kecelakaan saat bekerja.
  • Konsentrasi dan daya ingat akan menurun. kalau anda seorang pelajar/mahasiswa/pekerja jika kebutuhan tidur sering tidak terpenuhi, maka konsentrasi anda ketika belajar/bekerja akan menurun dan anda cenderung menjadi pelupa.
  • Bahaya kurang tidur akan membuat tubuh mudah terserang penyakit berbahaya misalnya : penyakit Stroke, Jantung, Darah Tinggi sampai diabetes. tentunya anda tidak mau kan menderita penyakit tersebut??
  • Bahaya kurang tidur selanjutnya yaitu mudah stress, gampang marah tanpa alasan jelas, dan akan kelihatan kusut dan tidak bersemangat menjalani hari-hari anda.
  • Bahaya kurang tidur juga berdampak buruk bagi kesehatan mata dan kulit. Kulit anda akan terlihat pucat kusam dan akan terlihat kerutan halus, mata anda nampak sayup dan bengkak.
  • Akan menjadi seorang pelupa berat, bahkan mungkin anda akan sampai lupa dimana menyimpan barang-barang anda ketika anda membutuhkan barang tersebut.
  • Bahaya kurang tidur yang terakhir adalah akan menimbulkan Obesitas (kelebihan berat badan). Pada  malam hari perut akan selalu terasa lapar itu akibat dari udara dingin dimalam hari, sehingga anda selalu ingin menyalurkan rasa lapar tersebut dengan makan, ini yang menyebabkan Obesitas dan jelas penampilan anda akan semakin terganggu.
Itulah Bahaya kurang tidur bagi kesehatan, kalau anda yang merasa kurang tidur mulai sekarang ubahlah kebiasaan buruk itu dan cukupilah kebutuhan tidur berkualitas untuk tetap menjaga kesehatan anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top